Definisi dari targeting adalah memilih target market yang tepat bagi produk dan jasa perusahaan .dalam istilah philip kotler dalam buku rethingking marmarketing targeting adalah strategi mengakolasikan sumber daya yang efektif, tiga kriteria yang harus di penuhi perusahaan dalam menentukan evaluasi dan menentukan segmen yang akan di target ,yaitu
Ada tiga strategi umum dalam menyeleksi pasar sasaran, yaitu:
- memastikan segmen pasar yang di di pilih cukup besar dan akan cukup menguntungkan bagi perusahaan.
- stratetargeting itu harus didasarkan pada keunggulan kompetitif perusahaan yang bersangkutan.
- segmen pasar yang di bidik itu harus di dasarkan pada situasi persaingan yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi daya tarik target segmen.
Langkah-langkah
dalam penentuan sasaran pasar (targeting) adalah: menganalisa
permintaan konsumen, penentuan sasaran pasar, dan mengembangkan strategi
pemasaran.
- Mass-Market strategy ( Strategi penetapan sasaran yang sama)
Pasar bisnis
menggunakan dua cara untuk memasuki pasar yang sama. Pertama adalah tidak
memperhatikan perbedaan setiap segmen yang ada serta mendesain produk tunggal,
dan menetapkan program pemasaran yang akan melayani semua kelompok pasar atau
disebut undifferentiated
marketing. Strategi pemasaran massa ini memerlukan sumber daya
dan kemampuan memproduksi yang besar serta kemampuan pemasaran untuk produk massa .
Sebagai contoh, ketika Honda pertama kali memasuki pasar motor Amerika dan
Eropa, target pasar yang dituju adalah segmen dengan variabel volume tinggi dan
harga rendah. Kemudian Honda menggunakan skala ekonomis dalam pemasaran massanya
dengan memperkecil segmen pasarnya untuk meningkatkan volume penjualan.
Pendekatan kedua dalam strategi pemasaran massa yaitu membagi
produk dan program pemasaran untuk segmen yang berbeda-beda, atau disebut
juga differentiated
marketing. Sebagai contoh adalah sebuah produk minuman penyegar
dalam botolan yang juga mengemas produknya menjadi sachet dan kaleng, sehingga
penjualannya akan meningkat.
2. Niche-Marke strategy ( Strategi penetapan pasar )
Strategi ini
dilakukan dengan menargetkan upaya pemasaran pada satu atau lebih segmen.
Tujuan strategi ini adalah menghindari pesaing langsung yang berada di segmen
yang lebih besar. Misal pendirian supermarket dengan skala kecil di wilayah
perumahan penduduk/komplek.
3. Concentrated Marketing / Growth-Market
Strategy (Strategi Penetapan Sasaran yang Terkonsentrasi)
Strategi pertumbuhan pasar ini diterapkan oleh perusahaan
kecil untuk menghindari konfrontasi langsung dengan perusahaan besar. Penerapan
strategi ini membutuhkan departemen riset dan pengembangan yang handal dan
kemampuan pemasaran untuk mengidentifikasi serta mengembangkan dan
memperkenalkan keistimewaan produk baru kepada sasaran (target) pasar yang
dituju.
Definisi Segmentasi adalah
proses membagi pasar ke dalam grup-grup konsumen potensial dimana masing-masing
grup memiliki karakter yang sama dan cenderung memiliki perilaku pembelian yang
sama. Tujuan dari melakukan segmentasi adalah untuk menganalisa pasar, menemukan
ceruk-ceruk (niche) pasar dan agar dapat mengembangkan kompetisi perusahaan.
Kesuksesan sebuah strategi
pemasaran tidak bisa lepas dari cara memahami dan mendalami pasar yang kita
sasar. Ada produk yang
mencoba menembak satu jenis pasar yang homogen, tetapi ada produk yang menembak
beberapa jenis pasar. Kenyataannya memang tidak semua elemen dalam marketing
mix dapat memenuhi setiap jenis pasar. Oleh karena itu sangatlah penting bagi
perusahaan untuk memilah-milah terlebih dahulu pasar mereka sebelum menjalankan
strategi pemasaran. Dengan mengidentifikasi, mengevaluasi dan akhirnya memilih
target pasar tertentu, perusahaan dapat menjalankan strategi pemasaran dengan
lebih efisien dan efektif.
Segmentasi didefinisikan
secara sederhana sebagai proses membagi sebuah pasar menjadi kelompok-kelompok
lebih kecil, dimana setiap kelompoknya memiliki sifat-sifat yang relatif
seragam (homogen). Istilah segmentasi biasanya langsung dikaitkan dengan
istilah targeting, yakni upaya untuk memilih segmen-segmen spesifik yang paling
berpotensi untuk membeli produk kita.
Salah satu cerita legendaris
yang terkait dengan segmentasi adalah bagaimana Henry Ford membuat sebuah mobil
yang disebut sebagai model T. Henry Ford dengan sombongnya memproduksi semua
model T dengan warna hitam. “the car is car as long it is black”, katanya.
Sebaliknya Alfred Sloan dari General Motors mencoba membangun model yang
spesifik untuk setiap kelompok konsumen. Hasil akhirnya, strategi yang
dilakukan oleh General Motors membuat perusahaan ini menggantikan Ford sebagai
pemimpin pasar otomotif di Amerika Serikat.
Cerita ini menggambarkan bagaimana upaya
menyamaratakan semua orang ternyata tidak berhasil. Setiap orang pasti memiliki
perbedaan dalam hal selera, kebutuhan, pilihan dan lain-lain. Oleh karena itu
mengelompokkan konsumen berdasarkan perbedaan-perbedaan tersebut sangat penting
dilakukan sebelum aktifitas marketing mix yng dijalankan
Sumber :
http://www.ut.ac/id/html/suplemen/ekma421/modul_3_3topik.3.html
http://kampus.marketing.co.id/2010/11/10/dasar-segmentasi/