Kamis, 19 April 2012

Place Dan Promotion 



Place yaitu Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya yang dihasilkan / dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran.

 Keputusan penentuan lokasi dan saluran yang digunakan untuk memberikan jasa kepadapelanggan melibatkan pemikiran tentang bagaimana cara mengirimkan ataumenyampaikan jasa kepada pelanggan dan dimana hal tersebut akan dilakukan. Ini harusdipertimbangkan karena dalam bidang jasa sering kali tidak dapat ditentukan tempatdimana akan diproduksi dan dikonsumsi pada saat bersamaan. Saluran distribusi dapatdilihat sebagai kumpulan organisasi yang saling bergantungan satu sama lainnya yangterlibat dalam proses penyediaan sebuah produk/pelayanan untuk digunakan atau dikonsumsi.

 Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan.Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outletyang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.

 Sebagai salah satu variabel marketing mix, place / distribusi mempunyai peranan yangsangat penting dalam membantu perusahaan memastikan produknya, karena tujuan daridistribusi adalah menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan olehkonsumen pada waktu dan tempat yang tepat 

Hal ini produsen mempunyai 3 alternatif yaitu:
A. Distribusi Insentif

 Distribusi ini dapat digunakan oleh para produsen yang menjual komponen perusahaan yang berusaha menggunakan penyalur terutama pengecer sebanyak-banyaknya untuk mendekati para konsumen. Usaha ini dimaksudkan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan konsumen, semakin cepat para konsumen terpenuhi kebutuhannya maka semakin cepat pula terpenuhi kepuasannya.

B. Distribusi Selektif

 Perusahaan yang menggunakan distribusi ini berusaha memilih sejumlah pedagang besar atau pengecer, agen yang terbatas dalam suatu daerah. Saluran ini biasanya digunakan untuk memasarkan suatu produk baru (barang special) apabila distribusi ini menguntungkan dari distribusi insentif maka jumlah pengecer atau agen yang digunakan akan lebih terbatas.

C. Distribusi Ekslusif

 Saluran ini dilakukan oleh perusahaan dan hanya menggunakan suatu pedagang besar atau pengecer dalam daerah tertentu. Jadi produsen hanya menjual produknya kepada suatu pedangang besar saja dengan mengunakan satu penyelur, maka produsen akan lebih mudah dapat mengadakan pengawasan pada tingkat harga enceran maupun usaha kerja sama dengan penyalur dalam periklanan. Pemilihan saluran distribusi merupakan suatu masalah yang sangat penting sebab keterlambatan barang-barang sampai ketangan kosumen dapat menturangi keuntungan yang diterima oleh perusahaan.


Promosi adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen sicara lansung terhadap produk yang dihasilkan.Promosi adalah cara yang efektif dalam merebut konsumen dipasaran, serta memperkenalkan barang - barang baru yang diproduksi.

 Promosi penjualan dapat diarahkan pada pengecer, pelangan dan tenaga penjualan. Pengecer akan bekerja lebih keras jika diberi penawaran diskon harga, jatah iklan dan display, dan produk-produk gratis. Mungkin pelanggan membeli produk kita jika disediakan kupon-kupon potongan harga, paket harga, hadiah-hadiah dan jaminan-jaminan. Tenaga penjual akan beroperasi dengan lebih giat sebagai respons atas diselenggarakannya kontes-kontes berhadiah untuk kinerja terbaik.

Tujuan Promosi

      1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
      2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
      3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
      4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
      5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
      6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

 Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan prmosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran promosi sebagai berikut :

      1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.
      2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
      3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
      4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
      5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
      6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.





Sumber :
http://www.scribd.com/pras_bgt/d/50642199-MARKETING-MIX
http://organisasi.org/definisi-pengertian-promosi-fungsi-tujuan-bauran-promosi-promotional-mix-produk