Kamis, 10 Mei 2012


Perilaku Konsumen

   Perilaku konsumen adalah perilaku konsumen tunjukan dalam mencari, menukar ,menggunakan, menilai, mengatur barang dan jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka. Definisi lainya adalah bagimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya yang seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.

    Analisis tentan berbagai faktor yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi dasar dalam pengembangan strategi pemasaran. Mereka merasa wajib memahami konsumenya, seperti apa yang dibutuhkan, apa seleranya dan bagimana konsumen mengambil keputusan.
Alasan mempelajari perilaku konsumen antara lain:
  •      Analisis ini akan mempelajari para manajer untuk:
a.     mendesain bauran pemasaran
b.     mensegmen pasar bisnin
c.      mempromosikan dan mendiferensikan produk
d.     melaksanakan analisis lingkungan
e.      membangun studi riset lingkungan.

  •      Perilaku konsumen harus memainkan peranan penting dalam pengembangan    kebijakan publik.
  •    Studi terhadap hal ini akan memungkinkan seseorang menjadi konsumen yang lebih baik
  •    Analisis konsumen memberikan pengetahuan menyentuh tentang perilaku manusia.
  1.     Studi perilaku konsumen juga memberikan tiga jenis informasi:
a.     Orientasi konsumen
b.     Fakta tentang perilaku manusia
c.      Teori-teori yang menjadi pedoman poses pemikiran
Terkait dengan perilaku konsumen, makan terkait pula dengan prinsip 5W+1H
  • ·        Why : mengapa mendapatkan barang / jasa tersebut?
  • ·        What : berupa apa barang / jasa tersebut?
  • ·        Who : siapa yang mendapatkan barang / jasa tersebut?
  • ·        When : kapan bisa mendapatkan barang / jasa tersebut?
  • ·        Where : dimana barang / jasa tersebut bisa didapatkan?
  • ·        How : bagimana barang / jasa tersebut didapatkan? 
  •  
Menurut James F. Engel - Roger D. Blackwell - Paul W. Miniard dalam Saladin terdapat tiga faktor yang mempengaruhinya, yaitu :
  • Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
  • Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
  • Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.




Sumber : http://www.anneahira.com/artikel-umum/perilaku-konsumen.htm