Minggu, 18 Maret 2012


 Pengertian Harga (Price)
  Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
  Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa, Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan.
 Dalam pasar persaingan sepurna, harga terbentuk dari kesepakatan produsen dan konsumen, akan tetapi dalam kenyataan konsumen yang demikian jarang sekali terjadi salah satu pihak (umumnya prodesen) dapat mendominasi pembentukan harga, atau juga pihak lain di luar produsen dan konsumen misal; pemerintah, pesaing, pemasok, distributor, asosiasi dsb) turut beperan dalam pebentukan harga tersebut .
Fungsi Harga
Bagi perusahaan mupun konsumen, harga berfungsi sebagai:
  1. simber pendapatan atau keuntungan perusahaan untuk pecapaian tujuan produsen
  2. pengendali tingkat permintaan dan penawaran (terutama dalam bersifat elastik, permintaan akan meningkat jika harga turun dan sebaliknya)
  3. mempengaruhi program pemasaran dan fungsi-fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan, harga daat berperan sebagi pengaruh terhadap aspek produk atau promosi
  4. mempengaruhi perilaku konsumsi dan pendapatan masyarakat (harga rendah dapat meningkatkan konsumsi masyrakat dan upah gaji yang tinggi bagi jasa masyarakat akan mempengaruhi konsumsinya)
Faktor penentu harga

penentu harga dipengarui oleh faktor internal dan eksternal
Faktor internal meliuti :
  1. tujuan pemasaran (biaya, penguasaan pasar dan usaha)
  2. strategi marketing-mix (aspek harga dan non-harga)
  3. organisai ( struktur, skala dan tipe)
Faktor eksternal meliputi:
  1. elastisitas permintaan dan kondisi persaiangan harga
  2. harga pesaiang dan reaksi pesaiang terhadap perubahan harga
  3. lingkungan eksternal yang lain, lingkungan mikro (pemasok, penyalur, asosiasi, dan masyarakat) maupun lingkungan makro (pemerintah cadangan sumberdaya, keadaan soial, dsd)

  Sebutan harga untuk berbagai produk tidak terlalu sama, sebagai contoh: gaji dan upah adalah harga jasa seseorang yang bekerja, bunga adalah harga meminjam atau mnggunakan uang bank, pajak adalah harga jasa pemerintah bagi warga negaranya. bentuk atau sebutan harga yang lain adalah (uang sewa, ticket, toll, spp dsb).